Klaim Asuransi Kesehatan

Klaim Asuransi

KreditGoGo.com

Seringkali Klaim asuransi menjadi momok bagi banyak orang. Padahal masalah yang sering terjadi adalah informasi yang disampaikan agen tidak lengkap atau kita kadang tidak suka dengan sebuah proses administrasi yang harus dilewati. Di tulisan ini kami coba memberikan pemahaman mengenai proses Klaim Asuransi.

Disini kami mencoba membahas Klaim Asuransi Kesehatan, yang sering menjadi masalah dalam prosesnya, karena ketidakmengertian kita pada prosesnya.

Yang penting adalah kita mengerti klaim model apa yang dilakukan dan apakah kejadian yang kita proses masuk bagian pengecualian atau tidak dan juga mengerti prosedur pengajuan klaim asuransi. Sehingga proses klaim yang dilakukan akan berjalan secara tepat dan cepat.

Ada dua jenis klaim asuransi kesehatan, yaitu sistem Cashless dan sistem Reimburse. Produk yang Cashless biasanya juga bisa Klaim Reimburse, terutama klaim di RS yang bukan rekanan atau Klaim sebelum dan sesudah perawatan. Sementara program asuransi lain adalah sistem Hospital Cash, adalah program rawat inap Rumah Sakit yang klaimnya hanya dengan sistem Reimburse.

A. Sistem Cashless

Sistem Klaim asuransi Cashless, hanya diperlukan kartu member dari asuransi tersebut. Ada dua jenis kartu Cashless, yaitu :

  1. Showing Card
  2. Sistem Swipe (gesek)

Kelebihan dengan sistem Cashless adalah, tidak diperlukan DP ketika masuk RS. Dan ketika keluar hanya butuh sedikit waktu untuk verifikasi saja dari pihak asuransi. Sehingga pada saat akan pulang dibutuhkan waktu sedikit lebih lama dalam prosesnya dibandingkan kita membayar sendiri. Dan apabila ada ekses dari klaimnya maka pasien harus membayar kelebihannya.

Satu hal yang harus diketahui disini, bahwa sistem ini tidak dapat digunakan bersamaan dengan Cashless yang lain. Yang bisa dilakukan hanyalah dengan sistem Koordinasi Benefit. Maksudnya adalah apabila sebuah kejadian sudah menggunakan kartu Cashless, maka hanya selisih dari klaim saja apabila kurang pembayarannya bisa klaim di asuransi Cashless yang lainnya. Jadi apabila sudah dibayar penuh oleh Cashless pertama, maka kita sudah nggak bisa klaim lagi dengan asuransi yang lain.

Oleh sebab ini maka asuransi ini tidak dapat digunakan bersamaan dengan BPJS. Karena BPJS sampai sekarang belum mengeluarkan surat Koordinasi Benefit.

B. Sistem Reimburse.

Sistem ini dapat dilakukan juga oleh asuransi Cashless, tapi ini terjadi untuk kondisi seandainya kartu hilang, atau berada di RS yang bukan rekanan dan Klaim perawatan sebelum dan sesudah, ambulance dll.

Selain itu ada Program asuransi yang dinamakan Hospital Cash, dimana klaim hanya di bayarkan berdasarkan berapa hari lama perawatan, tinggal dikali paket yang diambil saja.

Kelebihan sistem ini adalah bisa klaim dengan berkas fotocopian yang dilegalisir saja. Sehingga walaupun kita sudah menggunakan Cashless tetap bisa klaim program ini. Beberapa perusahaan bahkan mengizinkan double klaim dengan BPJS.

Berkas yang dibutuhkan untuk klaim ini adalah :

  1. Form diisi keluarga
  2. Form diisi Dokter yang merawat (lengkap dengan stempel RS)
  3. KTP/Tanda Pengenal
  4. Medical Record
  5. Kwitansi asli atau Fotocopy Legalisir.

Baca : Klaim Asuransi di FWD Life

Profil penulis, Klik di SINI.

 

Tulisan ini dipublikasikan di Asuransi Kesehatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *